Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Honda ADV150 Berbeda Dengan Honda PCX 150

Kangandi - Sasis Honda ADV 150 dan PCX 150 mengaku dari basis yang sama, tetapi setelah mencoba kedua motor ini jelas terasa perbedaanya. Honda ADV 150 impresinya lebih tinggi, ringan dan mudah sekali handlingnya, khususnya saat menikung patah. Penangguhan juga lebih parah dari bottoming atau mentok. Sedang PCX 150 terasa lebih ceper, pendek dengan pusat gravitasi terpusat di tengah bawah. Membuatnya terasa stabil menikung panjang.

Sasis berbeda memang sama dengan model double cradle, tetapi ada beberapa perbedaan. Yuk tengok langsung. Beda pertama ada pada bagian ujung dudukan lampu belakang dan behel milik ADV150 lebih pendek jika dibandingkan punya PCX150. Selain itu semua dudukan bodi juga dipastikan berbeda. Tapi bukan dua perbedaan ini yang membuat karakternya berubah drastis.

"Paling penting adalah perbedaanya di komstir, rake ADV150 lebih rapat hanya 26,30 ° jika PCX 27 °," terang Endro Sutarno, Divisi Layanan Teknis PT. Astra Honda Motor yang berkantor di Astra Honda Training Center. Lalu bagian bodi tengah ADV150 sedikit lebih ramping, maka tak heran hanya sedikit 28 liter, jika PCX150 28,8 liter. Suspensi dan roda pun menyumbang banyak perubahan karakter. Karena didesain untuk bisa off road ringan, suspensi ADV 150 dirancang punya jarak main panjang, depan 130 mm dan belakang 120 mm.

Suspensi depan milik ADV 150 jika titik dari atas ke lubang 460 mm, jika PCX150 hanya 430 mm. Tapi diamater asnya sama 31 mm. Suspensi belakang pun bedanya signifikan, punya ADV 150 395 mm sedang PCX 150 hanya 350 mm. Dan milik ADV 150 dilengkapi dengan sub tangki, yang disediakan di sini adalah balon yang disediakan antara oli dan udara.

Dengan oli dan udara terpisah oleh balon, saat suspensi bekerja berat maka perlu ada buih dari oli dan udara bercampur bisa dicegah. Jika timbul buih dan sampai kena suspensi piston, maka dapat membuat suspensi tiba-tiba amblas sesaat membuat roda hilang traksi. “Dengan adanya sub tangki, kinerja suspensi jadi lebih responsif, stabil saat menikung maupun saat mengendarai di kerikil,” terang Endro.

KANG ANDI
KANG ANDI Hatur nuhun....sudah bersedia mampir ke warung yang sangat sederhana ini...!!! Salam santun ka palawargi sadayana...!!!

Post a Comment for "Honda ADV150 Berbeda Dengan Honda PCX 150"